Jumat, 25 Maret 2016

Makalah Metode Pencarian Best First Search (BFS)



DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL…………………………………………………………..           i
KATA PENGANTAR…………………………………………………………          ii
DAFTAR ISI……………………………………………………......................          iii

BAB I PENDAHULUAN
            1.1 Latar Belakang……………………………………….....................         1
            1.2 Rumusan Masalah…………………………………………………         2
            1.3 Tujuan……………………………………………………………..         2

BAB II  PEMBAHASAN
            2.1 Metode Pencarian Best First Search (BFS)…………....................         3
            2.2 Algoritma Best First Search (BFS)…………………....................         4
 BAB II I PENUTUP
            3.1 Kesimpulan……………………………………………………....          8
            3.2 Saran…………………………………………………..................          8
DAFTAR PUSTAKA 
           









iii
Kata Pengantar

      Puji syukur penulis ucapkan kepada Allah Swt, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya.Sehingga bisa menyelesaikan tugas makalah metode pencarian best first search ini dengan baik untuk memenuhi tugas kecerdasan buatan.

      Akhir kata penulis ucapkan terimakasih kepada pembaca dan menyadari masih banyak kekurangan dalam makalah yang singkat dan sederhana ini. Sehingga sangat di butuhkan kritik dan saran yang mebangun agar dalam penulisan makalah berikutnya dapat lebih baik lagi dan lebih bermanfaat bagi pembacanya.



                                                                                    penulis

    










ii

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
    
       Kemajuan teknologi tidak hanya menuntut kecepatan penyebaran informasi tetapi juga dalam bidang ilmu Artificial Intelligence untuk melakukan metode pencarian dan pelacakan yang merupakan suatu hal penting dalam suatu sistem. Karena pencarian dan pelacakan ini adalah hal yang menentukan keberhasilan sistem tersebut. sebuah algoritma pencarian dijelaskan secara luas adalah sebuah algoritma yang menerima masukan berupa sebuah masalah dan menghasilkan sebuah solusi untuk masalah tersebut, yang biasanya didapat dari evaluasi beberapa kemungkinan solusi. Sebagian besar algoritma yang dipelajari oleh ilmuwan komputer adalah algoritma pencarian. Pada dasarnya, metode pencarian dan pelacakan dibagi dua, yaitu pencarian buta (blind search) dan pencarian tersusun (heuristic search).
      Blind Searchg adalah model pencarian buta atau  pencarian yang tidak memiliki informasi awal Blind Searching sendiri dibagi menjadi tiga macam yaitu : Breadth First Search, Depth first Search, Uniform Cost Search.
      Heuristic Search merupakan metode pencarian yang memperhatikan nilai heuristik (nilai perkiraan). Teknik pencarian heuristik (heuristic searching) merupakan suatu strategi untuk melakukan proses pencarian ruang keadaan (state space) suatu problema secara selektif, yang memandu  proses pencarian yang kita lakukan di sepanjang jalur yang memiliki kemungkinan sukses paling besar, dan mengesampingkan usaha yang bodoh dan memboroskan waktu. Heuristik  adalah sebuah teknik yang mengembangkan efisiensi dalam proses pencarian, namun dengan kemungkinan mengorbankan kelengkapan (completeness). Heuristic Search  memperkirakan jarak menuju Goal (yang disebut dengan fungsi heuristik). Fungsi heuristik ini digunakan untuk mengevaluasi keadaan-keadaan problema individual dan  menentukan seberapa jauh hal tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan solusi yang diinginkan. Jenis-jenis dari Heuristic Searching : Generate and Test, Hill Climbing, Best First Search, Alpha Beta  Prunning,  Means-End-Anlysis, Constraint Satisfaction.
1.2  Perumusan Masalah

      Berdasarkan latar belakang diatas, maka ada beberapa masalah yang akan di bahas dalam makalah ini, yaitu :
1.      Metode pencarian Heuristic
2.      Metode pencarian Best First Search
3.      Algoritma Best First Search

1.3  Tujuan

      Adapun tujuan dari penulisan makalah ini, yaitu:
4.      Memahami pengertian Metode pencarian Heuristic
1.      Memahami metode pencarian Best First Search
2.      Memahami Algoritma Best First Search




BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Metode Pencarian Heuristic
      Heuristic Search merupakan metode pencarian yang memperhatikan nilai heuristic (nilai perkiraan). Teknik pencarian heuristic (heuristic searching) merupakan suatu strategi untuk melakukan proses pencarian ruang keadaan (state space) suatu problema secara selektif, yang memandu proses pencarian yang kita lakukan di sepanjang jalur yang memiliki kemungkinan sukses paling besar, dan mengesampingkan usaha yang bodoh dan memboroskan waktu. Heuristik adalah sebuah teknik yang mengembangkan efisiensi dalam proses pencarian, namun dengan kemungkinan mengorbankan kelengkapan (completeness)
      Heuristic Search memperkirakan jarak menuju Goal (yang disebut dengan fungsi heuristik). Fungsi heuristik ini digunakan untuk mengevaluasi keadaan-keadaan problema individual dan menentukan seberapa jauh hal tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan solusi yang diinginkan.
2.2 Metode Pencarian Best First Search
f’ = g + h’
 
     Best First Search (BFS) merupakan suatu cara yang menggabungkan keuntungan atau kelebihan dari pencarian Breadth First Search dan Depth First Search. Pada setiap langkah proses pencarian terbaik pertama, kita memilih node-node dengan menerapkan fungsi heuristik yang memadai pada setiap node/simpul yang kita pilih dengan menggunakan aturan-aturan tertentu untuk menghasilkan penggantinya. Fungsi Heuristik yang digunakan merupakan prakiraan (estimasi) cost dari initial state ke goal state, yang dinyatakan dengan :         

Dimana  f’ =  prakiraan cost dari initial ke goal                                                            g  = cost dari initial state ke current state
h’ = prakiraan cost dari current state ke goal state
Best first search (BFS) juga merupakan sebuah metode yang membangkit kan simpul dari simpul sebelumnya. Best first search memilih simpul baru yang memiliki biaya terkecil diantara  semua leaf nodes (simpul-simpul pada level terdalam) yang pernah dibangkitkan. Penentuan simpul terbaik dilakukan dengan menggunakan sebuah fungsi yang disebut fungsi evaluasi f(n). fungsi evaluasi best-first search dapat berupa biaya perkiraan dari suatu simpul menuju ke goal atau gabungan antara biaya sebenarnya dan biaya perkiraan tersebut.

 Pada setiap langkah proses pencarian terbaik pertama, kita memilih node-node dengan menerapkan fungsi heuristik yang memadai pada setiap node/simpul yang kita pilih dengan menggunakan aturan-aturan tertentu untuk menghasilkan penggantinya. Fungsi heuristic merupakan suatu strategi untuk melakukan proses pencarian ruang keadaan suatu problema secara selektif, yang memandu proses pencarian yang kita lakukan sepanjang jalur yang memiliki kemungkinan sukses paling besar.
Ada beberapa istilah yang sering digunakan pada metode best first search, yaitu:
1.      Start node adalah sebuah terminology untuk posisi awal sebuah pencarian
2.      Curret node adalah simpul yang sedang dijalankan dalam algoritma pencarian jalan terpendek
3.      Suksesor adalah simpul-simpul yang yang akan diperiksa setelah current node
4.      Simpul (node) merupakan representasi dari area pencarian
5.      Open list adalah tempat menyimpan data simpul yang mungkin diakses dari starting node maupun simpul yang sedang dijalankan
6.      Closed list adalah tempat menyimpan data simpul yang juga merupakan bagian dari jalur terpendek yang telah berhasil didapatkan
7.      Goal node yaitu simpul tujuan
8.      Parent adalah curret node dari suksesor.
2.3 Algoritma Best First Search

      Algoritma best first search ini merupakan kombinasi dari algoritma depth first search  dengan algoritma breadth first search  dengan mengambil kelebihan dari kedua  algoritma tersebut. Apabila pada pencarian dengan algoritma  hill climbing tidak  diperbolehkan untuk kembali ke node pada level yang lebih rendah meskipun node di  level yang lebih rendah tersebut memiliki nilai heuristik yang lebih baik, lain halnya pada algoritma best first search, pencarian diperbolehkan mengunjungi node yang ada di level yang lebih rendah, jika ternyata node di level yang lebih tinggi memiliki nilai heuristik yang lebih buruk.

       Algoritma best first search merupakan salah satu bagian dari tipe informed search. Algoritma ini menggunakan nilai-nilai heuristik tiap simpul yang dibuka. Simpul dengan nilai heuristik terbaik akan dibuka lebih dahulu. Bila goal state belum ditemukan, akan dilakukan pemeriksaan pada simpul berikutnya dengan nilai heuristik terbaik pada kedalaman yang sama. Simpul tersebut kemudian dibuka dan diperiksa apakah terdapat goal state pada cabang-cabangnya. Bila goal state belum ditemukan,  akan dilakukan proses yang sama pada simpul berikutnya.
       Merupakan metode yang membangkitkan suksesor dengan mempertim- bangkan harga (didapat dari fungsi heuristik tertentu) dari setiap node, bukan dari aturan baku seperti DFS maupun BFS. Gambar 3.4 mengilustrasikan langkah-langkah yang dilakukan oleh algoritma Best First Search. Pertama kali, dibangkitkan node A. Kemudian semua suksesor A dibangkitan, dan dicari harga paling minimal. Pada langkah 2, node D terpilih karena harganya paling rendah, yakni 1. Langkah 3, semua suksesor D dibangkitkan, kemudian harganya akan dibandingkan dengan harga node B dan C. Ternyata harga node B paling kecil dibandingkan harga node C, E, dan F. Sehingga B terpilih dan selanjutnya akan dibangkitkan semua suksesor B. Demikian seterusnya sampai ditemukan node Tujuan.
   Gambar 2.1 Langkah-langkah yang dilakukan oleh algoritma Best First Search.
Untuk mengimplementasikan algoritma pencarian ini, diperlukan dua buah senarai, yaitu: OPEN untuk mengelola node-node yang pernah dibangkitkan tetapi belum dievaluasi dan CLOSE untuk mengelola node-node yang pernah dibangkitkan dan sudah dievaluasi. Algoritma selengkapnya adalah sebagai berikut.
1.      OPEN berisi initial state dan CLOSED masih kosong.
2.      Ulangi sampai goal ditemukan atau sampai tidak ada di dalam OPEN.
              a.  Ambil simpul terbaik yang ada di OPEN.
              b.   Jika simpul tersebut sama dengan goal, maka sukses
              c.   Jika tidak, masukkan simpul tersebut ke dalam CLOSED
              d.  Bangkitkan semua aksesor dari simpul tersebut
              e.   Untuk setiap suksesor kerjakan.

Algoritma yang menggunakan metode best-first search, yaitu:
            a.      Greedy Best-First
      Greedy Best-First adalah algoritma best-first yang paling sederhana dengan hanya memperhitungkan biaya perkiraan (estimated cost) saja, yakni f(n) = h(n). Biaya yang sebenarnya (actual cost) tidak diperhitungkan. Dengan hanya memperhitungkan biaya perkiraan yang belum tentu kebenarannya, maka algoritma ini menjadi tidak optimal.
      b.      A*
      Algoritma A* merupakan algoritma best first search dengan modifikasian fungsi heuristik, yang akan meminimumkan total biaya lintasan, dan pada kondisi yang tepat  akan memberikan solusi yang terbaik dalam waktu yang optimal.
      Algoritma A juga membutuhkan dua antrian, yaitu OPEN dan CLOSED. Selain itu, ada juga fungsi heuristik yang memprediksi keuntungan tiap node yang di buat. Yang akan memungkinkan algoritma untuk melakukan pencarian-pencarian lintasan yang lebih di harapkan. Fungsi ini di sebut f’(n) sebagai pendekatan dari fungsi f(n) yang merupakan fungsi evaluasi yang sebenarnya terhadap node n. dalam banyak penarapan, akan lebih baik jika fungsi di definisikan sebagai kombinasi atau jumlah dua komponen yaitu g(n) dan h(n). Fungsi g(n) merupakan ukuran biaya yang di keluarkan dari keadaan awal sampai ke node n. Nilai yang didapat g(n) merupakan jumlahan biaya penerapan setiap aturan yang dilakukan pada sepanjang lintasan trbaik menuju suatu simpul dan bukan merupakan hasil estimasi.
      Fungsi h(n) merupakan pengukur biaya tambahan yang harus dikeluarkan dari node n sampai mendapatkan tujuan. Perlu diketahui bahwa g(n), tidak negatif karena bila negatif maka lintasan yang membalik siklus pada graf akan tampak lebih baik dengan semakin panjangnya lintasan.
Secara matematis,fungsi F sebagai estimasi fungsi evaluasi terhadap  node ndapat di tuliskan :

                                                              f’(n) = g(n) + h’(n)

Dengan   f’(n) = fungsi evaluasi
                            g(n) = biaya yang sudah di keluarkan dari keadaan awal sampai
                                       keadaan n
                     h’(n) = estimasi biaya untuk sampai pada suatu tujuan mulai dari n
                  dari fungsi di atas maka ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan, yaitu:
                     Jika h = h’, berarti proses pencarian telah sampai ke tujuan ( goal ).
                     Jika g = h’ = 0 maka f’ random, artinya system tidak dapat di kendalikan.   
                     Jika g = k, k adalah konstanta dan biasanya bernilai 1, h’ = 0, artinya system
                     menggunakan breadth first search.









      BAB III
     PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Berdasarlan uraian pembahasan pada bab sebelumnya dapat ditarik kesimulan
      Sebagai berikut :
1.      Metode pencarian heuristik (heuristic searching) merupakan suatu strategi untuk melakukan proses pencarian ruang keadaan (state space) suatu problema secara selektif.
2.      Best First Search merupakan sebuah metode yang membangkitkan simpul dari simpul sebelumnya. Best first search memilih simpul baru yang memiliki biaya terkecil diantara  semua leaf nodes (simpul-simpul pada level terdalam) yang pernah dibangkitkan.
3.      Algoritma best first search ini merupakan kombinasi dari algoritma depth first search  dengan algoritma breadth first search  dengan mengambil kelebihan dari kedua  algoritma tersebut.

3.2 Saran
     dalam bidang Artificial Intelligence dikenal metode pencarian dan pelacakan. dan yang dibahas dalam makalah ini yaitu metode pencarian best first search yang merupakan bagian dari pencarian heuristic 


DAFTAR PUSTAKA

          diakses 3 Oktober 2015 pukul 12.23
          diakses 1 Oktober 2015 pukul 01.14
http://najibzot.blogspot.com/p/teknik-searching-kecerdasan-buatan-di.html
          diakses 8 Oktober 2015 pukul 11.31









        

1 komentar:

  1. ok everyone. I want to share a website link that I think can be useful for you.

    here it is:
    1. Codein.my.id
    2. Kompres Gambar
    3. Anonimside
    4. Quotes Generator
    5. File Host
    6. Downloader Video YouTube or Video from social media

    Thank You. Those were some websites that might be useful

    BalasHapus